Gratis soal-soal CPNS Tes Kompetensi Dasar


GRATIS SOAL CPNS TES WAWASAN KEBANGSAAN # 3

Tes Wawasan Kebangsaan -  Selamat datang kembali diblog kami, sebuah blog yang membahas soal-soal CPNS Tes Wawasan Kebangsaan Terbaru. Setelah sekian lama kami tidak update, ternyata banyak pengunjung yang datang kesini meskipun kami belum update posting kembali soal-soal CPNS Tahun 2014 ini. Agar blog kami lebih rame, maka kali ini kami share soal CPNS Tes Wawasan Kebangsaan terbaru yang bisa anda pelajari. 

Contoh Soal CPNS Tes Wawasan Kebangsaan

1. Hubungan atau kaitan antar dasar Negara dengan konstitusi  adalah ….

A. Dasar negara adalah pedoman penyelenggaraan pemerintahan yang dijabarkan lebih lanjut dalam konstitusi.
B. Nilai-nilai yang ada dalam konstitusi lebih lanjut dioperasionalkan dalam dasar Negara.
C. Konstitusi adalah bagian dari dasar Negara
D. Dasar negara tidak bisa dirubah sedangkan konstitusi boleh dirubah.
E. Dasar negara berisi prinsip-prinsip hidup bernegara yang dijabarkan melalui konstitusi ke dalam berbagai aturan hukum.

Jawaban:

E. Dasar negara berisi prinsip-prinsip hidup bernegara yang dijabarkan melalui konstitusi ke dalam berbagai aturan hukum.
Hubungan atau kaitan antara dasar negara dengan konstitusi antara lain:
1) Dasar negara merupakan sumber segala sumber hukum (sumber tertib hukum) yang berisi prinsip-prinsip bernegara yang dijabarkan ke dalam suatu konstitusi suatu negara.
2) Dasar negara merupakan suasana kebatinan (Geistlichenhintergrund) dari konstitusi. 
3) Dasar negara sebagai cita-cita hukum diwujudkan dalam hukum dasar negara (konstitusi).

2. Sidang BPUPKI I diselenggarakan di Jakarta yang membicarakan…

A. Dasar filsafat negara Indonesia merdeka
B. Lagu kebangsaan Indonesia Raya
C. Rancangan UUD
D. Pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia
E. Presiden dan wakil presiden

Jawaban:

A. Dasar filsafat negara “Indonesia merdeka”.
Pada tanggal 28 Mei 1945, diadakan upacara pelantikan dan sekaligus seremonial pembukaan masa persidangan BPUPKI yang pertama di gedung "Chuo Sangi In", yang pada zaman kolonial Belanda gedung tersebut merupakan gedung Volksraad (dari bahasa Belanda, semacam lembaga "Dewan Perwakilan Rakyat Hindia-Belanda" di masa penjajahan Belanda), dan kini gedung itu dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila, yang berlokasi di Jalan Pejambon 6 – Jakarta. Namun masa persidangan resminya sendiri (masa persidangan BPUPKI yang pertama) diadakan selama empat hari dan baru dimulai pada keesokan harinya, yakni pada tanggal 29 Mei 1945, dan berlangsung sampai dengan tanggal 1 Juni 1945, dengan tujuan untuk membahas bentuk negara Indonesia, filsafat negara "Indonesia Merdeka" serta merumuskan dasar negara Indonesia.

3. Andi ditangkap polisi karena melakukan tindakan kekerasan yang mengakibatkan seorang anak tewas. Ia dijatuhi hukuman selama 13 tahun penjara oleh pengadilan setempat. Peran pengadilan dalam pengendalian sosial tersebut sesuai dengan kedudukannya sebagai ….

A. Lembaga penegak hukum
B. Tempat menanyakan masalah hukum
C. Badan hukum yang menjaga ketertiban
D. Tempat mengadukan masalah hukum
E. Lembaga yang mengatur kesejahteraan

Jawaban:

A. Lembaga Penegak Hukum

Selain sebagai bagian dari kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan, Pengadilan berfungsi menentukan kepastian hukum bagi para pelanggar norma hukum. Selain itu pengadilan juga bertugas mendamaikan pihak-pihak yang bersengketa dalam urusan perdata. Keputusan yang dikeluarkan pengadilan mengacu kepada ketentuan hukum positif. Namun, sebelum mengambil keputusan, pengadilan menggelar sidang terlebih dahulu. Dalam sidang, pihak penyidik (polisi) mengajukan berkas perkara yang berisi uraian tindak kejahatan secara rinci dengan disertai bukti-bukti dan saksi-saksi.

Latihan Soal Online

Berikut kami sediakan soal online Tes Wawasan Kebangsaan. Anda bisa belajar online secara free alias gratis 100 % ! Namun jika anda ingin membeli soal online, offline maupun berbentuk PDF lengkap yang meliputi Tes Kompetensi Dasar [ Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, Tes Karakter Pribadi ], Tes Kompetensi Bidang, Kisi-kisi CPNS, TOEFL dan masih banyak lagi, silahkan beli DISINI. Dijamin anda akan puas setelah membelinya. Silahkan klik link dibawah ini untuk mulai belajar gratis secara online. Check it out !



Tag : TWK
1 Komentar untuk "GRATIS SOAL CPNS TES WAWASAN KEBANGSAAN # 3"

untuk mempersiapkan diri untuk lulus cpns terbaru tentunya kita mempersiapkan diri kita untuk membahas soal-soal cpns karena usaha ini akan menentukan lulus atau tidak lulusnya kita berkompetisi dalam mengejar cita-cita. terimakasih cpnstwk.blogspot atas sharingnya.

Back To Top